Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting Terbaru di HP dan Laptop

Berikut adalah informasi mengenai cara daftar dan menggunakan aplikasi zoom metting terbaru, silahkan disimak dan dipahami dengan baik ya.

Ruangojol.com - Sejak merebaknya virus corona atau dikenal sebagai Covid 19 yang bermula dari Wuhan, salah satu kota di negara Cina, Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak penyebaran dari Virus mematikan tersebut.

Tidak hanya dampak negatif terhadap Kesehatan, masyarakat Indonesia juga merasakan dampak terhadap lingkungan, Sosial Ekonomi hingga pada dunia Pendidikan.

Hal ini yang membuat Pemerintah akhirnya melakukan himbauan terhadap Perusahaan untuk membuat sebuah kebijakan berupa Work from Home (WFH) dan Belajar Online atau Daring (Dalam Jaringan) dari Rumah.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting Terbaru di HP dan Laptop

Dengan Pemberlakuan Pembatasan jarak tersebut dunia pendidikan pun akhirnya mengubah Pola dalam Proses Belajar Mengajar. Aplikasi Zoom menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer dan bermanfaat di dunia Pendidikan pada masa pandemi saat ini sebagai media belajar mengajar bagi siswa dan guru secara online. Selain itu aplikasi ini juga sangat mudah untuk didapatkan dan dapat diunduh secara gratis melalui smartphone android, IOS bahkan dapat diakses melalui komputer yang sudah terhubung pada jaringan internet. 

Aplikasi yang dapat memuat hingga 100 peserta Online Meeting ini, sangat dikenal karena tidak memerlukan memori yang besar, dapat diakses untuk berbagai acara seperti seminar online, online meeting, video conference, dan lain-lain. Namun masih banyak para orang tua dan para siswa yang belum paham cara daftar dan masuk ruang video konferensi pada aplikasi ini melaui smartphone atau komputer. Berikut adalah tutorial yang bisa kamu pelajari

Cara Mendaftarkan akun Zoom pada Smartphone dan Komputer

  • Setelah mengunduh aplikasi ini dari Play Store atau App Store, silahkan instal dan daftarkan akunmu dengan cara pilih menu Sign up, isi kolom tanggal lahir, Nama depan dan nama belakang yang nanti akan ditampilkan pada tampilan pengguna dan masukkan email aktif.
  • Cek Email verifikasi yang dikirimkan pada pada kotak masuk dan silahkan klik activate account kemudian masukkan password yang diinginkan.
  • Pendaftaran selesai dan akun Zoom kamu siap digunakan
  • Silahkan masuk kembali ke aplikasi Zoom dengan pilih kolom Sign in lalu log in dengan Email yang telah didaftarkan
  • JIka Kamu tidak ingin repot-repot mendaftar, Kamu juga bisa log in dengan akun Facebook.

Tidak jauh berbeda dengan mendaftar pada aplikasi Smartphone berikut ini adalah cara mendaftarkan akun Zoom pada Website melalui Browser komputer

  • Kunjungi laman Zoom us lalu klik Sign up
  • Masukkan Email dan Nama seperti hal yang sama pada aplikasi
  • Cek Email verifikasi dan lakukan aktivasi
  • Jika akun selesai didaftarkan, silahkan klik Sign in lalu masukkan Email dan password

Cara Masuk  pada Zoom Meeting melalui Smartphone dan Komputer

Untuk Proses belajar mengajar secara Daring, Para guru biasanya sudah menyiapkan ruang pertemuan di dalam Zoom Meeting untuk mengundang para siswa. Umumnya para guru telah menyiapkan url atau link tertentu yang nantinya akan dibagi, dimana ketika di klik, link tersebut akan mengarah pada ruang video konferensi dalam aplikasi Zoom.

Namun selain itu, ada juga cara yang mengharuskan para siswa untuk log in terlebih dahulu dengan menggunakan Meeting ID dan Passcode yang disiapkan oleh guru atau admin untuk  mengundang mereka ke ruang Zoom Meeting. Cara ini cukup dengan langkah-langkah seperti berikut

Pada Smartphone

  • Buka Aplikasi Zoom dan klik Sign in kemudian masukkan Email dan password yang telah didaftarkan (Jika kamu sudah Sign in, halaman Zoom kamu akan masuk secara otomatis) 
  • Masukkan Meeting ID dan Passcode. 
  • Biasanya untuk pengguna pertama kali, setelah masuk ruang video konferensi, kamu diminta untuk menyetujui penggunaan kamera dan mikrofon pada Smartphone
  • Silahkan klik 'Ya'
  • Kamu sudah siap melakukan video konferensi

Pada Komputer Desktop

  • Klik link/url pada browser dekstop atau kunjungi laman zoom.us
  • Klik Join Meeting lalu masukkan link Zoom Meeting atau Meeting ID 
  • Aplikasi Zoom terunduh secara otomatis pada komputer atau laptop kamu
  • Silahkan instal Zoom yang sudah terunduh
  • Masuk kembali ke laman zoom.us dan lakukan hal yang sama pada sebelumnya
  • Kamu sudah siap melakukan Video Konferensi.

Demikianlah cara daftar dan langkah-langkah yang harus dilakukan saat masuk ruang video konferensi pada aplikasi Zoom. Kamu tidak perlu cemas karena tidak bisa mengikuti pelajaran sekolah atau hadir pada kelas online di kampusmu karena menggunakan aplikasi ini terbilang sangatlah mudah. Jangan lupa untuk selalu terhubung pada jaringan internet yang stabil, karena kamu tidak bisa menjalani kelas online dengan kondusif jika jaringan internetmu buruk. 

Semoga kita selalu semangat belajar di tengah-tengah pendemi yang membuat kita terhalang oleh jarak,  dan Kita selalu berdo'a agar keadaan bumi kita menjadi semakin membaik. Semoga tutorial ini bermanfaat. Salam Indonesia Cerdas, Indonesia Berkarya. ^_^

Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)